Tingkatkan Partisipasi Pemilih Bentuk Relawan Demokrasi

Tingkatkan Partisipasi Pemilih Bentuk Relawan Demokrasi

SAMBAS – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sambas membentuk Relawan Demokrasi dalam meningkatkan partisipasi pemilih. Hal ini dikemukakan  Anggota KPU Sambas Matnoh Abdul Latif, Selasa (10/4), saat memberikan bimbingan teknis kepada relawan.

“Pembentukan relawan demokrasi ini sangat penting dalam mensosialisasikan penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat tahun 2018. Kehadiran mereka ini merupakan upaya KPU dalam menyampaikan berbagai informasi terkait pemilihan,” ungkapnya.

Ia mengatakan mereka yang tergabung dalam relawan mempunyai basis atau kelompok sendiri. Menurutnya, ada yang khusus disabilitas, kaum marginal, kelompok perempuan dan agama.

“Tak hanya basis itu saja, kelompok pemilih pemula serta yang berbasis media sosial. Harapan KPU Sambas, para relawan ini mampu mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya pada 27 Juni 2018 mendatang,” kata Matnoh.

Pria berkacamata ini menyebutkan partisipasi pemilih Kabupaten Sambas cukup rendah bila dibandingkan kabupaten/kota  di Kalimantan Barat. Dikatakannya, gambaran ini diharapkan menjadi motivasi para relawan dalam meningkatkan angka pemilih di daerah ini.

“Walaupun anggaran yang terbatas, kami berharap para relawan mampu melaksanakan tugas dengan baik. Dari jumlah yang terpilih sebanyak 20 orang, terdapat beberapa wajah lama dan baru,” tuturnya.

Matnoh mengatakan adapun materi bimbingan teknis terkait data pemilih, pemungutan suara, kampanye dan kode etik. Lanjut dia, setiap relawan diharapkan per minggu melakukan kegiatan penyampaian informasi tentang pemilihan gubernur.

“Mudah-mudahan semua berjalan dengan baik. Sehingga harapan yang akan dicapai dapat terwujud,” ujar Matnoh. (Thor)