Sosialisasi Pemilihan Gubernur ke Masyarakat

Sosialisasi Pemilihan Gubernur ke Masyarakat

SAMBAS – Upaya meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Tahun 2018 , Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sambas menggelar sosialisasi, Senin (9/4). Kegiatan dilaksanakan di Pendopo Sambas diikuti oleh 60 elemen masyarakat Kecamatan Sambas.

Ketua KPU Sambas Su’aib mengatakan sosialisasi pemilihan merupakan tugas yang harus dilakukan penyelenggara. Ia menyebutkan hal ini diatur peraturan perundang-undangan.

“Dalam Undang-Undang Pemilu, KPU Kabupaten mempunyai tugas mensosialisasikan penyelenggaraan pemilihan dan Pemilu. Sedangkan peraturan pelaksana untuk sosialisasi pemilihan yakni Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2017,” jelasnya.

Menurutnya, angka partisipasi pemilih di Kabupaten Sambas sendiri cukup rendah dibandingkan daerah lain. Dikatakannya, daerah ini memiliki jumlah pemilih besar, hanya saja yang memilih sebanyak 59 persen.

“Memang banyak hal yang melatarbelakangi masyarakat tidak menggunakan hak pilih. Sebagian besar ada yang tidak peduli terhadap hak pilih, ada juga pendapat lain bahwa banyak warga bekerja ke Malaysia,” ungkap Su’aib.

Ia mengemukakan memang perlu kajian lebih dalam melalui sebuah riset atau penelitian sederhana. Su’aib menyebutkan dari angka yang ada ini memang tanggung jawab semua pihak dalam menyukseskan pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

“Kami berharap melalui sosialisasi ini, masyarakat berperan aktif menyampaikan ke lingkungan mereka masing-masing. Paling tidak Kabupaten Sambas mendekati target nasional 75 persen dalam partisipasi pemilih,” tuturnya. (Thor)