Serahkan DPS ke Tim Paslon Pilgub

Serahkan DPS ke Tim Paslon Pilgub

 

SAMBAS – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sambas menyerahkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) kepada tim pasangan calon pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Barat, Sabtu (24/3), di ruang rapat KPU Sambas. Penyerahan dilakukan Ketua KPU Kabupaten Sambas Su’aib didampingi anggota Ikhlas dan Suhardi.

Hadir dalam penyerahan DPS itu Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat, dari Disdukcapil, Panwaslih Kabupaten Sambas dan Kepala Kantor Kesbangpol. Sebelum penyerahan DPS dalam bentuk soft copy, Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat Umi Rifdiawaty menyampaikan sejumlah arahan kepada tim pasangan calon.

“Kami meminta tim pasangan calon yang telah mendapatkan DPS berupa daftar nama untuk dicermati. Barang yang diberikan tidak hanya diterima tetapi untuk dilihat dan disampaikan bila belum sempurna,” kata Umi, sapaan akrabnya.

Ketua KPU Kabupaten Sambas, Su’aib mengatakan jumlah DPS sebanyak 410.058 pemilih. Dikatakannya, adapun pemilih terdiri dari laki-laki sebanyak 208.355 orang dan perempuan 201.703 orang.

“Pemilih ini tersebar pada 193 desa di 19 kecamatan. Adapun jumlah tempat pemungutan suara sebanyak 1.115,” jelasnya.

Su’aib mengemukakan DPS yang jumlahnya 410.058 ini terdapat sekitar 25.361 berpotensi non KTP elektronik. Menurut dia, banyaknya masyarakat belum memiliki KTP elektronik, KPU Kabupaten Sambas telah berkoordinasi dengan Disdukcapil.

“Bahkan Disdukcapil juga telah merespon dengan cepat. Instansi ini juga melakukan perekaman pada hari Sabtu dan Minggu terjadwal di kecamatan tertentu,” papar Su’aib.

Pria murah senyum ini mengungkapkan dalam perjalanan pengumuman yang dilakukan mulai Sabtu (24/3) tentu bisa saja terjadi perubahan menuju Daftar Pemilih Tetap. Ungkap dia, karena bisa saja dalam masa ini ada orang yang meninggal dunia maupun pindah domisili.

“Kami berharap bagi masyarakat belum terdaftar maupun sudah terdaftar bisa mencermati DPS yang diumumkan. Sehingga didapatkan daftar pemilih yang berkualitas untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Barat,” harap Su’aib. (Thor)